Jumat, 26 Oktober 2012

Manusia dan kebudayaan

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

         Manusia atau (Human) menurut saya mungkin yang pertama adalah makhluk yang paling sempurna di mata tuhan yang maha Esa karna manusia diberikan pikiran yang sangat canggih serta rasa yang sangat ingin tau dari semenjak manusia tersebut lahir hingga wafat. Ya bisa kita bilang juga manusia selama hidupnya akan terus belajar walaupun dari hal terkecil hingga hal terbesar, tapi manusia bisa juga disebut makhluk yang mempunyai jiwa dan raga.

          Tetapi pada umumnya manusia adalah makhluk individual dan social, kenapa manusia disebut individual dan social karna manusia individual biasanya dia melakukan apapun itu dengan keyakinan dia didalam lingkungan nya supaya dia dapat diakui baahwa dia ada di dalam lingkungan tersebut dan kenapa manusia bisa disebut juga manusia social/sosial karna manusia sama-sama saling membutuhkan antara satu dengan yang lain dan tidak mungkin kalau manusia tidak saling membutuhkan antara satu dengan yang lain.

           Menurut saya juga manusia dengan budaya timur n budaya barat itu sebenarnya sangat beda hingga 180 derajat, karna manusia budaya barat sangat lah bebas serta tidak memperdulikan satu dengan yang lain sedangkan budaya timur sangat lah memperhatikan moral n sopan santun terhadap sesama manusia.
Kebudayaan menurut saya juga suatu hal yang dilakukan turun temurun oleh masyarakat atau lingkungan yang selalu dilestarikan dan menjadi suatu kebudayaan. Sebenarnya arti dari kebudayaan itu sangat lah banyak serta banyak para ahli pun yang mempunyai definisi nya masing-masing, ya kita ambil saja salah satu ahli kebuyaan yaitu menurut GUDKUNTS & KIM adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar.
Dan manusia pun dapat saling mengenal,mengetahui  atau bisa juga dalam melihat kepribdian manusia tersebut lewat kebudayaan nya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar