Senin, 14 Januari 2013

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan


KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSTRAAN

 

A.    Dilihat dari pendekatan kesustraan

 

Pada awalnya saya akan menjelaskan tentang Ilmu budaya dasar, Ilmu budaya dasar dahulubisa dibilang Basic Humanities, yang sejak dahulu berasal dari kata-kata atau bahasa inggris yang disebut the humanities. Istilah ini berasal dari bahasa latin yunani yaitu humanus, yang berati manusiawi, berbudaya, dan halus. Dan dari dahulu hingga sekarang seni itu juga masuk ke dalam sastra yang memegang peranan sangat dominan dalam the humanities. Karena seni itu adalah ekspresi setiap manusia yang timbul dari dalam diri kita masing-masing dan sastra jga bisa kita bilang masuk ke dalam suatu seni atau hampir sama dalam artian suatu jati diri setiap manusia dalam menuangkan dibidang seni. Dan manusia juga bisa lebih berkomunikasi dengan adanya sebuah seni yang muncul di dalam kehidupan kita. Kita liat saja setiap zaman ke zaman seni itu sangatlah penting bagi peranan manusia dan setiap zaman seni akan selalu berkembang jika seni it uterus dilestarikan. Pada umumnya juga manusia dan bahasa pada hakekatnya adalah satu walaupun berdeda usia,lawan jenis dan berbeda pendapat tetap saja seni dapat menyatukan serta dapat menjadi tempat dimana kita bisa menunjukkan jati diri manusia tersebut lewat ekpresi yang keluar.

 

B.     Dilihat dari ilmu budaya dasar yang sangat berhubungan dengan prosa

 

Ya dapat kita ketahui prosa juga bisa kita sebut dengan fiksi dan jarang sering diartikan sebagai cerita rekayasa.

Didalam kesustraan di Negara Indonesia ada 2 macam prosa , yaitu:

 

-Prosa lama :
1. dongeng
2. hikayat
3. sejarah
4. epos
5. cerita pelipur lara

-Prosa baru :
1.cerita pendek
2.roman / novel
3.biografi
4.kisah
5.otobiografi

C. Nilai yang kita lihat dari prosa fiksi

 

            Prosa fiksi bisa dikatakan dan masuk ke dalam seni yang dilandasi ceita yang menarik, dan mengandung syarat-syarat yang sangat penting bagi manusia.

Serta ada hal positif yang dapat kita petik dalam kita membaca sebuah prosa fiksi yaitu hal gembira atau puas(senang), dapat menambah wawasan yang cukup luas, dapat memberikan motivasi bagi kita.

 

D.   Nilai-nilai yang terkandung didalam sebuah puisi

 

Puisi adalah sebuah ungkapan hati yang kita tuangkan ke dalam sebuah kata-kata yang kita susun rapih menjadi sebuah kata-kata yang sungguh indah ,lalu jika si pembaca membaca dengan penuh resapan dari lubuk hati pasti si pembaca akan merasakan apa yang dirasakan oleh si penulisnya(sang penyair). karna biasanya juga puisi itu adalah pengalaman dari setiap manusia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar